adsense

Peran Mahasiswa melalui Gerakan Indonesia Peduli Gambut untuk Mewujudkan Lingkungan yang Berkualitas dan Kesejahteraan Masyarakat

Subtema : Menjaga Lahan Gambut, Menjaga Indonesia

Peran Mahasiswa melalui Gerakan Indonesia Peduli Gambut untuk Mewujudkan Lingkungan yang Berkualitas dan Kesejahteraan Masyarakat
Oleh : Moch Siswan Afandi


Upaya pemadaman kebakaran lahan gambut
(sumber : google.co.id)

          Restorasi 2 juta hektar lahan gambut dalam 5 tahun, demikian Presiden Jokowi tegaskan terkait bencana kebakaran hutan dan lahan yang terjadi pada tahun 2015 silam yang luasnya mencapai 32 kali Wilayah Provinsi DKI Jakarta atau empat kali Pulau Bali. Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada tahun 2015, "sebuah keadaan yang sangat memprihatinkan" ujar Anggota Komisi IV DPR Firman Soebagyo, dimana tercatat 120 ribu orang terkena penyakit pernapasan, akses pendidikan dan transportasi terganggu, keanekaragaman hayati punah, emisi gas rumah kaca meningkat, dan kerugian mencapai 220 triliun rupiah. Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan, Jumlah lahan yang terbakar memang tidak lebih luas dari kebakaran lahan pada tahun 1997, tapi dampak ekonomi dan jumlah korban jiwa lebih besar tahun ini.
          Dilihat dari fungsinya lahan gambut berperan aktif dalam menyerap karbon, tak tanggung-tanggung sebanyak 75% karbon di dunia diserap oleh lahan gambut. Selain itu, lahan gambut juga merupakan sumber penghasilan masyarakat lokal. Sehingga lahan gambut di Indonesia sangat penting peranannya baik dari segi lingkungan maupun ekonomi. Oleh karena itu, dibutuhkan upaya-upaya pencegahan, pengawasan dan evaluasi yang berkesinambungan agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan kembali dikemudian hari.
          Melihat uraian diatas, tidak ada cara lain selain semua pihak dan elemen untuk turun bahu-membahu dan ikut serta dalam melestarikan hutan dan lahan gambut. Disinilah seharusnya mahasiswa bisa mengambil peran penting dalam upaya meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lahan gambut yang ada. Teringat sepenggal kata dari Bung karno pada pidatonya “Beri aku 10 pemuda (mahasiswa) niscaya akan kuguncangkan dunia” yang mengisyarakatkan bahwa peran serta pergerakan mahasiswa begitu penting dan besar dalam mengubah kehidupan bangsa. Begitu juga perkataan dari Hasan Al-Banna yaitu “Dalam setiap kebaikan peradaban di belahan dunia manapun, kau akan menjumpai bahwasannya pemuda adalah irama rahasianya”. Meskipun mahasiswa dapat diartikan sebagai orang yang belajar di perguruan tinggi, tetapi dalam pemaknaannya jauh lebih luas dan tidak sesempit itu. Fungsi "Agent of Change" juga memperkuat keikutsertaan mahasiswa dalam perubahan bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik. 
         Mahasiswa adalah generasi muda yang membawa perubahan dan hadir di tengah-tengah masyarakat. Dengan begitu, sudah selayaknya para mahasiswa mengambil posisi dalam permasalahan yang tengah terjadi di masyarakat dan memberikan ide-ide solutif yang juga selaras dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Melalui gagasan "Gerakan Indonesia Peduli Gambut" sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Mahasiswa dengan 1000 ide kreatif, 1000 tenaga kuda, dan diimbangi dengan ilmu dan pengetahuan teknologi yang mumpuni dapat mempercepat kampanye "Peduli Gambut" di Indonesia. 
          Dalam pemaraparan di atas, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa sebagai generasi intelektual dapat melakukan suatu gerakan yang masif dalam upaya meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap keadaan lingkungan sebagai upaya preventif (pencegahan) melalui "Gerakan Indonesia Peduli Gambut". Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan mahasiswa dalam mewujudkan "Lingkungan yang Berkualitas dan Kesejahteraan Masyarakat" antara lain : 
1. Sadar bahwa lahan gambut itu penting
Pertama yang harus dimiliki yaitu kesadaran, sadar bahwa lahan gambut merupakan bagian terpenting dalam kelangsungan hidup makhluk hidup. Dengan adanya kesadaran pentingnya lahan gambut maka dengan begitu akan berupa menjaga dan menciptakan berbagai hal untuk mencapai tujuan itu. Tanpa adanya kesadaran maka tidak akan pernah memiliki motivasi untuk mengenal apalagi menjaga. 
2. Mengenali diri
Langkah selanjutnya yaitu mengenali diri, jika diri sendiri sudah merasa terbenahi dan merasakan arti dari sebuah hal yang telah dilakukan maka akan dengan mudah untuk mentransfer ilmu yang diperolehnya kepada masyarakat. Sebagai contohnya yaitu berkomunikasi dengan masyarakat mengenai manfaat serta pentingnya lahan gambut secara efektif dan empatik; memanfaatkan teknologi informasi secara tepat untuk mengkampanyekan pentingnya lahan gambut.
3. Melakukan kontrol terhadap pemerintah
Mahasiswa yang salah satu tugasnya yaitu mengontrol kebijakan pemerintah dan diibaratkan sebagai penyambung lidah rakyat dapat memberikan kritik atau saran yang membangun dalam kebijakan pemerintah kedepannya sebagai solusi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lahan gambut di Indonesia.
4. Sebagai inisiator di tengah masyarakat
Merupakan peran mahasiswa dalam memberikan layanan kepada masyarakat untuk kemajuan bangsa. Mahasiswa dapat mengajak masyarakat yang sudah tersadarkan untuk terus mengajak masyarakat lain untuk tetap memperhatikan kondisi lingkungan sekitar seperti lahan gambut.
5. Motivasi kelompok yang sudah ada.
Mahasiswa dapat mendorong sekelompok masyarakat yang sudah lebih dahulu tergerak untuk peduli terhadap lahan gambut di Indonesia. Dengan adanya rasa yang sama maka motivasi untuk terus melanjutkan perjuangan akan semakin lebih jauh lagi.
Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat mengenai manfaat lahan gambut yang dapat mewujudkan lingkungan yang berkualitas dan kesejahteraan masyarakat dapat membawa bangsa ini dalam kemajuan dan kejayaan. Oleh karena itu, kita sebagai mahasiswa sudah seharusnya lebih peka terhadap lingkungan sekitar dan menjalankan peran fungsi mahasiswa sehingga nantinya terwujudnya cita-cita bangsa Indonesia yaitu merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur dalam segala aspek kehidupan.

#pantaugambut #lahangambut

Subscribe Gratis dan Dapatkan Informasi Artikel Pendidikan Terupdate:

2 Responses to "Peran Mahasiswa melalui Gerakan Indonesia Peduli Gambut untuk Mewujudkan Lingkungan yang Berkualitas dan Kesejahteraan Masyarakat"

  1. semoga restorasi gambut berjalan lancar. jgn lupa kunjungan balik ya www.agusdaud.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, terima kasih atas kunjungannya :))

      Delete

Dapatkan Informasi Terupdate Melalui Email