adsense

Soal dan Pembahasan Konsep SBMPTN BIOLOGI 2008 Wilayah Barat Kode 212

soal dan pembahasan konsep sbmptn 2008


Petunjuk A dipergunakan untuk menjawab soal nomor 1 sampai ke nomor 6

1. Teori abiogenesis menyatakan bahwa, proses terjadinya makhluk hidup dari makhluk  tak hidup. Untuk membuktikan bahwa teori abiogenesis tidak benar, maka louis pasteur ....

(A) Mengemukakan masalah baru
(B) Merumuskan hipotesis
(C) Melakukan eksperimen
(D) Menyusun teori baru
(E) Menganalisis fenomena alam

Pembahasan Konsep : 

Teori Abiogenesis menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk tak hidup. Dan teori ini bertahan cukup lama, sampai ketika muncul Teori Biogenesis yang di dukung oleh Luis Pasteur, L.Spallanzani, Francisco Redy. Dan untuk membuktikan suatu teori maka harus dilakukan eksperimen. Hal ini lah yang dilakukan oleh Luis Pasteur dengan eksperimenya yang menggunakan tabung leher angsa.

Jadi untuk Jawaban Nomor 1 adalah (C) Melakukan Eksperimen

Detail Pembahasan :

Teori abiogenesis yang dikemukakan oleh Aristoteles, Antonio Van Leuwenhoek, dan John Needham adalah sebagai berikut :

Kehidupan makhluk hidup berasal dari makhluk tak hidup yang dibantu dengan "Vital Force" dalam hal ini Vital Force yang dimaksudkan adalah udara. Teori abiogenesis juga disebut dengan Generatio Spontanea yang isinya bahwa makhluk hidup yang ada di bumi ini terjadi secara spontan saja, sehingga Teori Abiogenesis juga disebut dengan Generatio Spontanea. Hal ini yang dipikirkan oleh Aristoteles ketika melihat seekor katak yang keluar dari lumpur secara tiba-tiba, dan menganggap bahwa katak berasal dari lumpur.

Teori Abiogenesis bertahan cukup lama, yaitu sejak jaman romawi kuno hingga pertengahan abad ke-17. Dan dimana Antonio Van Leuwenhoek menemukan mikroskop sederhana yang dapat digunakan untuk mengamati makhluk-makhluk aneh di air rendaman jerami. Oleh para pendukung Teori Abiogenesis hal ini seolah menjadi pendukung dari pendapat mereka tentang Teori Abiogenesis.

Antonio Van Leuwenhoek
Antonio Van Leuwnhoek
Mikroskop sederhana ciptaan antonio van leuwenhoek
Mikroskop sederhana ciptaan Antonio Van Leuwenhoek

Teori asal-usul makhluk hidup saat itu tidak hanya abiogenesis, muncul juga Teori Biogenesis yang didukung oleh Franisco Redy, L. Spallanzani, dan Luis Pasteur. ketiga pendukung dari Teori Biogenesis melakukan eksperiman namun yang berhasil mematahkan dan yang tidak bisa disangkal oleh pendukung Teori Abiogenesis adalah percobaan yang dilakukan Luis Pasteur menggunakan tabung leher angsa.

Tabung luis pasteur
Tabung yang digunakan oleh luis peasteur untuk mematahkan teori abiogenesis

Jadi Percobaan yang dilakukan oleh Luis Pasteur adalah dengan menambahkan air kaldu pada tabung leher angsa. kedua tabung dipanaskan dengan tujuan bahwa makhluk atau organisme yang hidup tidak bisa masuk ke dalam air kaldu dan akan mati pada leher berbentuk S, sehingga mematahkan teori abiogenesis yang sebelumnya menganggap bahwa adanya mikroorganisme di air kaldu karena udara yang masuk.

tabung leher angsa
Percobaan Luis Pasteur 
Selanjutnya, Luis Pasteur memiringkan tabung leher angsa dengan tujuan agar air kaldu sampai di leher S, dan mikroorganisme bercampur dengan air kaldu, dan beberapa saat kemudian di dalam air kaldu ditemukan mikroorganisme yang tumbuh dan berkembang. Hal ini membuktikan bahwa yang mikroorganisme yang tumbuh dan berkembang adalah bukan berasal dari udara melainkan dari mikroorganisme yang hidup pada tabung leher angsa.



2. Pada pengamatan preparaf irisan penampang lintang organ tumbuhan, ditemukan sel-sel perisikel dan daerah empulur yang sangat jelas. Berdasarkan hasil pengamatan tersebut, organ yang dimaksud adalah....

(A) Batang tumbuhan dikotil
(B) Batang tumbuhan monokotil
(C) Akar tumbuhan dikotil
(D) Akar tumbuhan monokotil
(E) Akar dan batang tumbuhan monokotil 6.

Pembahasan Konsep :

Perisikel atau perikambium adalah jaringan yang terletak paling luar dari stele atau silinder pusat. Sedangkan Empulur adalah bagian inti dari batang. Tidak semua jenis tumbuhan mempunyai perikambium dan empulur.

Susunan batang tumbuhan dikotil : Epidermis-Korteks-Endodermis-Stele (silinder pusat). Pada stele atau silinder pusat tumbuhan dikotil terdapat : Perisikel atau perikambium, floem, kambium, xylem, dan empulur.

Susunan batang tumbuhan monokotil : Epidermis-Korteks-Endodermis-Stele atau Silinder pusat. Di dalam silinder pusat atau stele hanya terdapat xylem dan floem saja. Jadi pada tumbuhan monokotil tidak terdapat empulur dan perisikel atau perikambium.

perbedaan susunan jaringan penyusun batang dikotil dan monokotil
Perbedaan susunan jaringan batang tumbuhan dikotil dan monokotil 


Jadi jelas untuk Nomor 2 jawabannya adalah (A) Batang tumbuhan Dikotil




3. Fosil berikut yang paling dekat dengan kekerabatannya dengan manusia sekarang adalah ....

(A) Australopithecus
(B) Pithecantropus
(C) Cromagnon
(D) Homo habilis
(E) Homo neaderthalensis

Pembahasan Konsep : 

Fosil Homo Sapiens modern memiliki kemiripan tengkorak dan tulang belulang dengan Cro-Magnon yang ditemukan 35.000 tahun yang lalu di Gua Prancis.

Jadi untuk nomor 3 Jawabannya adalah (C) Cromagnon

Detail Pembahasan : 

Fosil yang kekerabatannya dengan manusia sekarang ini adalah Homo Sapiens namun di jawaban tidak ada, dan perlu diketahui bahwa manusia purba Cromagnon adalah manusia purba yang termasuk ke dalam kelompok Homo Sapiens. Tempat ditemukan manusia jenis homo sapiens adalah di dekat les eyzies, Dordogne, Prancis, Oleh L. Lartet pada tahun 1868. Ciri-ciri temuan menunjukkan bahwa tengkoraknya besar dan panjang, menyudut lima, dan agak datar. Muka lebar pendek dengan lubang mata hampir persegi, lubang hidung sempit tinggi, serta akar hidung menyempit tetapi menonjol, lengkung gigi berbentuk parabolik, dahi tinggi curam, busur kening tak menonjol, daerah ubun-ubun belakang di garis tengah mendatar tetapi menggembung ke samping. Dan juga mengesankan bahwa manusiannya cukup tinggi dan berotot kekar. Jadi manusia yang kekerabatannya paling dekat dengan sekarang ini adalah Homo Sapiens, dan yang termasuk ke dalam jenis Homo Sapiens adalah manusia purba Cro-Magnon.

manusia cromagnon yang masuk ke dalam kelompok homo sapiens
Manusia purba Cro-Magnon yang termasuk ke dalam kelompok Homo Sapiens



4. Persilangan tetrahibrid antara AaBbCcDd dengan AaBbCcDd, maka kemungkinan untuk menghasilkan keturunan dengan sifat genotip AaBBCCdd sebesar ....

(A) 1/256
(B) 1/128
(C) 1/64
(D) 1/32
(E) 1/16

Pembahasan Konsep :

untuk yang nomor 4 langsung aja lihat pembahasan di bawah ini.


Jadi Nomor 4 jawabannya adalah (B) 1/128



5. Endospermae pada Angiospermae merupakan hasil pembuahan antara gamet jantan dengan ....

(A) Sel telur
(B) Dua inti kutub
(C) Dua sinergid
(D) Gamet betina
(E) Tiga antipoda

Pembahasan Konsep :

Endospermae merupakan hasil fertilisasi atau pembuahan antara gamet jantan (sperma) dengan 2 inti kutub (inti kandung lembaga sekunder).

sedangkan

Zigot merupakan hasil fertilisasi atau pembuahan antara gamet jantan (sperma) dengan Sel telur.

Jadi untuk jawaban nomor 5 adalah (B) Dua inti kutub



6. Zona berikut yang mempunyai fluktuasi suhu, salinitas, dan sinar matahari tertinggi adalah ....

(A) Batial
(B) Abisal
(C) Profundal
(D) Litoral
(E) Limnetik

Pembahasan Konsep : 

Zona litoral adalah daerah dangkal atau daerah pesisir yang sangat peka terhadap perubahan suhu, salinitas, dan sinar matahari.



Jadi Jawaban untuk nomor 6 adalah (D) Litoral

Detail Pembahasan :

Zona batial atau zona laut dalam. memiliki kedalaman antara 200-1000 m. Pada zona ini, biasanya sinar matahari sudah tidak dapat lagi menembus kedalam air. Di zona ini masih banyak terdapat jenis ikan dan hewan laut lainnya, namun sudah jarang ditemukan tanaman-tanaman laut.

Zona Abisal atau zona laut sangat dalam. memiliki kedalaman lebih dari 1.000 meter. Pada zona ini, tekanan air sangat tinggi, dengan suhu yang sangat rendah. Di zona ini hanya sedikit jenis ikan dan hewan laut, dan tidak ditemukan tanaman-tanaman laut. Pada bagian laut ini binatang laut memiliki sistem tubuh yang mampu beradaptasi dengan lingkungan yang ekstrim.

Zona Profundal adalah bagian dasar dan daerah air yang dalam dan tidak tercapai penetrasi cahaya yang efektif

Zona Limnetik adalah daerah air terbuka sampai kedalaman penetrasi cahaya yang efektif, pada umumnya tingkat ini berada dimana intensitas cahaya penuh

Petunjuk B dipergunakan untuk menjawab soal nomor 7 sampai ke nomor 9



7. Hasil fertilisasi pada bunga mangga berupa zigot dan endospermae

                   Sebab

    Penyatuan inti sperma dan inti sel telur pada bunga mangga akan menghasilkan zigot dan endospermae

Pembahasan Konsep :

Pernyataan Betul : Mangga termasuk ke dalam tumbuhan dikotil yang mengalami fertilisasi ganda. Pada fertilisasi ganda mengalami 2 kali fertilisasi yaitu :

Yang pertama : Inti sperma dan inti sel telur menghasilkan zigot

Yang kedua : Inti sperma dan Inti kandung lembaga sekunder atau inti kutub menghasilkan endospermae.

Alasan Salah : Karena jika inti sperma dan sel telur maka yang dihasilkan adalah zigot, bukan zigot dan endospermae.

Jadi,  jawabannya adalah (C) Pernyataan betul, alasan salah



8. Pembentukan sel gamet pada tumbuhan paku terjadi melalui pembelahan meiosis

                  Sebab

     Sel gamet pada tumbuhan paku bersifat haploid

Pembahasan Konsep :

Pernyataan Salah : Pembentukan sel gamet pada tumbuhan paku terjadi melalui pembelahan mitosis bukan pembelahan meiosis.

Alasan Betul : Pada sel gamet tumbuhan paku yaitu anteredium dan arkegonium bersifat haploid (n)

Untuk yang masih bingung bisa lihat gambar di bawah ini. 


Jadi, Jawaban nomor 8 adalah (D) Pernyataan salah, alasan betul 



9. Kura-kura termasuk kelas reptilia berdarah panas

                    Sebab

     Suhu tubuh kura-kura berubah-ubah sesuai dengan perubahan suhu lingkungan

Pembahasan Konsep :

Pernyataan Salah : Pada kelompok hewan, mulai dari pisces, amphibi, reptilia itu berdarah dingin atau disebut juga poikiloterm. sedangkan untuk aves dan mamalia adalah berdarah panas atau disebut juga homoiterm. Jadi kura-kura yang termasuk kelas reptilia pasti berdarah dingin (poikiloterm)

Alasan Betul : Pada hewan yang berdarah dingin atau poikiloterm maka suhu tubuhnya berubah-ubah sesuai dengan perubahan suhu lingkungannya

Jadi, untuk nomor 9 jawabannya adalah (D) Pernyataan salah, alasan betul

Petunjuk C dipergunakan untuk menjawab soal nomor 10 sampai ke nomor 15



10. Teknologi hibridoma dapat digunakan untuk menghasilkan ....

(1) Antibodi monoklonal
(2) Hormon
(3) Antibodi poliklonal
(4) Vaksin

Pembahasan Konsep :

Teknologi Hibridoma adalah teknologi penggabungan dua sel yang berbeda hasil isolasi jaringan yang berbeda. Teknologi hibridoma dapat menghasilkan : Antibodi monoklonal, Hormon, dan Antibodi Poliklonal.

Jadi, jelas untuk nomor 10 jawabannya adalah (A) 1,2, dan 3



11. Pada proses fotosintesis tumbuhan menggunakan ....

(1) Sinar matahari
(2) Karbon organik dari udara
(3) Klorofil
(4) Karbon anorganik dari tanah

Pembahasan Konsep : 

Fotosintesis adalah pembuatan makanan oleh tumbuhan hijau melalui suatu proses biokimia pada klorofil dengan bantuan sinar matahari. Fotosintesis sendiri juga menggunakan karbon (anorganik dari udara), dan air.

Jadi, untuk jawaban nomor 11 adalah (B) 1 dan 3 betul



12. Teori Bola Darwin tentang evolusi didasarkan pada pokok pikiran sebagai berikut....

(1) Tidak ada dua individu yang sama persis
(2) Setiap populasi cenderung bertambah banyak
(3) Untuk berkembang biak perlu makanan dan ruang yang cukup
(4) Lingkungan dapat menyebabkan perubahan struktur makhluk hidup

Pembahasan Konsep : 

Pokok-pokok pikiran Darwin adalah sebagai berikut :

- Tidak ada dua individu yang sama persis
- Setiap populasi cenderung bertambah banyak
- Untuk berkembang biak perlu makanan dan ruang yang cukup
- Lingkungan dapat menyebabkan perubahan struktur makhluk hidup

Jadi, sangat jelas untuk jawaban nomor 12 adalah (E) 1,2,3, dan 4 betul



13. Selama berlangsung kontraksi otot, maka terjadi pengurangan ....

(1) Oksigen
(2) Glikogen
(3) Glukosa
(4) Asam laktat

Pembahasan Konsep : 

Selama berlangsung kontraksi otot, maka akan terjadi proses perubahan Glikogen menjadi glukosa, dan dari glukosa akan diubah menjadi energi, air, dan CO3

Reaksinya adalah sebagai berikut :

Glikogen ---menjadi--- Glukosa (C6H12O6) ---menjadi--- CO+ H20 + Energi

dan perlu diketahui bahwa dalam proses kontraksi otot diperlukan juga oksigen untuk menghasilkan energi.

Sehingga dalam kontrakasi otot yang mengalami pengurangan jumlah aalah oksigen, glikogen, dan glukosa. Sedangkan yang mengalami penambahan adalah asam laktat yang menyebabkan kelelahan.

Jadi, jelas untuk nomor 13 jawabannya adalah (A) 1,2, dan 3 betul



14. Pernyataan berikut yang merupakan ciri-ciri bakteri adalah ....

(1) Mempunyai dinding sel
(2) Tidak mempunyai membran inti
(3) Mempunyai ribosom
(4) Mempunyai mitokondria

Pembahasan Konsep : 

Bakteri adalah kelomok mikroorganisme yang tidak mempunyai membran inti (prokariotik) dan berukuran sangat kecil. Bakteri juga memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

- mempunyai dinding sel
- tidak mempunyai membran inti
- mempunyai ribosom
- tidak mempunyai mitokondria namun memiliki pengganti mitokondria yang disebut dengan mesoso

Jadi, jelas untuk jawaban nomor 14 adalah (A) 1,2, dan 3 betul 



15. Antigen yang masuk ke dalam tubuh manusia direspon secara spesifik oleh ....

(1) Selaput lendir
(2) Sel leukosit
(3) Sel fagosit
(4) Antibodi

Pembahasan Konsep : 

Antigen merupakan protein asing yang masuk ke dalam tubuh yang akan direspon spesifik oleh Antibodi.

Jadi, jawaban untuk nomor 15 adalah (D) Antibodi


Lihat Juga Soal Dan Pembahasan Konsep SBMPTN BIOLOGI 2008 Wilayah Tengah Kode 102



PETUNJUK KHUSUS

PENYELESAIAN SOAL-SOAL


Petunjuk A : Pilihlah satu jawaban yang paling tepat


Petunjuk B : Soal terdiri dari tiga bagian, yaitu pernyataan, kata sebab dan alasan yang tersusun beruruta. Pililah : 

(A) Jika pernyataan betul, alasan betul, dan keduannya menunjukkan hubungan sebab akibat

(B) Jika pernyataan betul dan alasan betul tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibatnya

(C) Jika pernyataan betul dan alasan salah
                   
(D) Jika pernyataan salah dan alasan salah

(E) Jika pernyataan salah dan alasan keduanya salah 

Petunjuk C : Pilihlah :

(A) jika 1,2 dan 3 betul 
(B) jika 1 dan 3 betul
(C) jika 2 dan 4 betul 
(D) jika 4 yang betul
(E) jika semuanya betul



daftar pustaka

http://biologimediacentre.com/asal-usul-kehidupan-biogenesis-versus-abiogenesis-1-2/
http://www.muhammadsaja.wordpress.com
http://arti-definisi-pengertian.info/pengertian-cro-magnon/
http://www.berpendidikan.com/2015/06/pembagian-zona-laut-dan-macam-macamnya.
https://id.wikipedia.org/wiki/Bakteri
Buku Ganesha Operation


Subscribe Gratis dan Dapatkan Informasi Artikel Pendidikan Terupdate:

0 Response to "Soal dan Pembahasan Konsep SBMPTN BIOLOGI 2008 Wilayah Barat Kode 212"

Post a Comment

Dapatkan Informasi Terupdate Melalui Email