Panduan Lengkap Daftar Bidikmisi 2017/2018 Terbaru

Panduan Lengkap Daftar Bidikmisi 2017/2018 Terbaru | Geniusmart.net - Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan, berbeda dengan beasiswa yang berfokus pada memberikan pernghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi. Bidikmisi berfokus kepada yang memiliki keterbatasan kemampuan ekonomi. Jadi bidikmisi bukan hanya untuk mereka yang berprestasi namun semua siswa yang memiliki keterbatasan kemampuan ekonomi berhak mendapat bidikmisi. walau demikian, syarat prestasi pada bidikmisi ditunjukkan untuk menjamin bahwa penerima bidikmisi terseleksi dari yang benar-benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi. Nah yang perlu digarisbawahi yaitu siswa yang mendapat bidikmisi diwajibkan untuk menyelesaikan masa pendidikannya di Perguruan Tinggi, jika tidak bisa jadi bidikmisi yang anda dapat akan ditarik kembali oleh pemerintah. (Kata berwarna hitam dikutip dari Halaman Resmi Bidikmisi)

Panduan lengkap daftar bidikmisi 2017/2018


Sebelum  Lanjut ke Panduan Lengkap Daftar Bidikmisi 2017/2018 Terbaru admin mau bahas pertanyaan yang sering ditanyakan para calon mahasiswa baru, dengan tujuan lu ntar keluar dari Blog Geniusmart.net ini udah nggk bingung lagi, karena gue akan jelasin sampe detail soalnya gue juga penerima Bidikmisi, mungkin di blog/website lain hanya secara umum karena penulis blog/website tersebut bukan penerima langsung Bidikmisi. Namun kalo lu emang masih bingung lu bisa tinggalin aja komentar di blog ini.

Pertanyaan Pertama


Apa saja syarat agar bisa daftar Bidikmisi ? 
1. Siswa SMA/SMK/MA atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2017
2. Lulusan tahun sebelumnya yaitu lulusan tahun 2016 yang bukan penerima bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan dari Perguruan Tinggi
3. Usia maksimum saat mendaftar adalah 21 tahun
4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria :
a) Siswa penerima Kartu Indonesia Pintar(KIP) atau Bantuan Siswa Miskin (BSM)
b) Pendapatan orang tua kedua-duanya jika di total maksimal 3.000.000/bulan, atau klo tinggal sama wali pendapatan kotor maksimal 750.000/bulan
5. Pendidikan orang tua setinggi-tingginya S1 atau Diploma 4
6. Memiliki potensi akademik yang baik dan direkomendasikan oleh kepala sekolah
7. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN dan PTS dengan ketentuan :
a) PTN dengan seleksi masuk : SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri/Program Kemitraan
b) Politeknik, UT, dan ISI
c) PTS dengan seleksi masuk

NOTE : Gue jelasin lagi mungkin ada bagian yang lu masih bingung, yaitu klo lu nggk punya BSM atau KIP gimana ? jangan khawatir BSM sama KIP merupakan salah satu penilaian jdi kalo lu emang nggk punya, lu bisa mintak surat keterangan dari desa kalo lu bener-bener nggk mampu. yang kedua mungkin lu bingung yang nomor 7. jadi gini gue jelasin Bidikmisi itu bukan jalur masuk. INGAT !!! BIDIKMISI BUKAN JALUR MASUK, jadi kemana langkah kaki lu pergi bidikmisi akan ngikut aja ke lu. contoh lu daftar SNMPTN kan otomatis bidikmisi lu, lu ikutin di SNMPTN, nah kalo SNMPTN lu gak ketrima bukan berarti Bidikmisi lu hangus, tetep ada nah pada saat daftar SBMPTN lu tinggal ambil aja KAP sama PIN yang baru buat daftar SBMPTN. Timbul pertanyaan lagi buat lu.. terus ngambil KAP sama PIN yang baru gimana ? Ntar gue jelasin klo udah waktunya.

Pertanyaan Kedua

Kapan pengumuman Bidikmisi ?

Nah untuk pengumuman Bidikmisi (diterima atau tidaknya)  itu tergantung lu diterimanya saat kapan ? kalo lu keterima saat SNMPTN, maka saat daftar ulang SNMPTN lu baru bsa ditentukan diterima atau tidaknya, klo misalnya tidak masuk SNMPTN, lu keterimanya waktu SBMPTN ya lu brarti pengumuman keterima atau tidaknya Bidikmisi saat lu daftar ulang SBMPTN, dan seterusnya.

Pertanyaan Ketiga

Kapan pendaftaran Bidikmisi bisa mulai dilakukan ?

Nah untuk yang dimulai kapan pendaftaran Bidikmisi itu bisa ditanyakan kepada guru BK atau BP dari SMA masing-masing, karena tiap tahun mungkin pembukaan Bidikmisi juga berbeda-beda. Tips : Rajin-rajin buka internet yang guna buat masa depan lo, kayak website bidikmisi, website beasiswa kuliah, website kampus,dll

Pertanyaan Keempat


Apakah bisa mengubah pilihan jalur seleksi di laman pendaftaran Bidikmisi ?

Nah jika lu sudah milih salah satu jalur seleksi, tentu lu nggk bisa ngebatalin. lu bisa milih jalur seleksi lain kalo sesuai jadwalnya. Mungkin bahasanya agak kaku, karena gue masih mempertahanin bahasa dari laman bidikmisinya, sekarang gue translate dengan bahasa yang semoga lebih muda lu pahami.

Jadi gini, kan misalnya lu awal-awal pasti milih jalur snmptn ya kan ? nah klo lu udah klik tombol dapatkan KAP dan PIN, lu udah nggk bisa lagi ngembaliin tuw KAP sama PIN. lihat Screenshoot di bawah ini.

Panduan lengkap daftar bidikmisi 2017/2018


Nah yang gue maksud atau panitia Bidikmisi maksud adalah kalau lu udah tekan tombol Dapatkan KAP dan PIN, lu nggk bisa ngebatalin lagi karena KAP dan PIN udah keluar (yang gue blok hitam itu KAP sma PIN nya) Paham ? udah mudah banget itu dimengerti nya :D hehehe

Pertanyaan Kelima


Apakah Bidikmisi hanya bisa digunakan untuk SNMPTN dan SBMPTN ?

Nah jadi gue jelasin lagi ya, Bidikmisi itu bisa digunakan buat masuk kemana aja, Mulai dari awal sendiri yaitu PMDK, SNMPTN, SBMPTN, PTN MANDIRI, UMPTN, dan PTS. dengan syarat Perguruan Tinggi yang lu pilih ada bidikmisinya aja. CONTOH SIMAK UI kalo lu tau itu juga ada BIDIKMISInya boy! Yang nggk update informasi mungkin mikirnya SIMAK UI kan jalur mandiri jadi nggk bisa pakai bidikmisi. Lu salah besar kalau mikir gitu !!!

Jadi ada periodenya masing-masing, awal sendiri itu PMDK, jadi lu masuk ke menu seleksi pada halaman Bidikmisi. lah lu tinggal klik Dapatkan KAP dan PIN pada kolom PMDK (gambar ada di panduan lengkap daftar Bidikmisi 2017/2018 Terbaru).

Biasanya setelah PMDK selang berapa hari gitu ada SNMPTN, jadi lu sekarang buka menu seleksi di halaman Bidikmisi dan Klik Dapatkan KAP dan PIN pada kolom SNMPTN dan itu KAP sama PIN nya ntar dimasukin di kolom pendaftaran SNMPTN.

dan seterusnya sampai jalur terakhir yaitu PTS, itu kalau lu sampe terakhir belum dapat Kuliahan. Kalau udah dapet kuliahan pas SNMPTN ya udah berhenti boy, lu enak klik-klik aja ntar padahal udah keterima :v wkwkwk


Gue rasa cukup itu aja pertanyaan yang sering keluar tiap tahun bagi peserta Bidikmisi. Kalau lo masih ada pertanyaan. Tinggalin aja di kolom komentar sapa tau gue bisa bantu, kalo nggk gue gak bisa, gue bisa bantu tanyain ke panitia Bidikmisinya.

lanjut ke judul postingan di atas yaitu Panduan Lengkap Daftar Bidikmisi 2017/2018 Terbaru

Panduan Lengkap Daftar Bidikmisi 2017/2018 Terbaru

1. Pertama lu harus masuk ke Halaman Bidikmisi
Panduan lengkap daftar bidikmisi 2017/2018
Halaman Awal Bidikmisi (http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/)

2. Klik pada gambar Siswa/Alumni

Panduan lengkap daftar bidikmisi 2017/2018
Gambar Halaman Awal Bidikmisi (http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/)

3. Masukkan kode akses beserta password yang dikasih oleh sekolah lo. dan Klik masuk sekarang

Panduan lengkap daftar bidikmisi 2017/2018
Halaman Login Bidikmisi

4. Lo akan masuk Halam utama Bidikmisi, langkah awal klik menu Biodata, dan lu isih biodata lu yang jujur. 

Panduan lengkap daftar bidikmisi 2017/2018
Halaman Utama Bidikmisi


5. Klo udah lalu klik Simpan. nanti kurang lebih akan seperti gambar di bawah ini.

Panduan lengkap daftar bidikmisi 2017/2018
Halaman pada Menu Biodata


6. Isi Data pribadi lo dengan cara klik bergantian menu yg gue lingkari sampai tahap terahir.

Panduan lengkap daftar bidikmisi 2017/2018
Halaman Utama Bidikmisi

Lampiran yang dibutuhin dalam mengisi data pribadi lo adalah : 

         a) Foto Diri kita sendiri ---- dibutuhin di Menu Biodata
         b) SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) dari Desa ------ dibutuhin di Menu Ekonomi
         c) Foto Keluarga, Ukuran disesuaikan ----- dibutuhin di Menu Keluarga

NB : untuk pengisian data selain lampiran tinggal lu tulis biasa aja sesuai yang di halaman tersebut. 

7. Tahap ketujuh yaitu lo tinggal download aja Kartu Peserta sama Formulirnya, terus lo print, buat jaga-jaga diminta sama petugas di PTN waktu lo daftar ulang. 

Panduan lengkap daftar bidikmisi 2017/2018
Halaman Utama Bidikmisi


8. Nah untuk tahap kedelapan lu tinggal menggunakan aja Bidikmisi ini, lu tinggal ngambil KAP sama PIN di Menu seleksi dan lu copy paste ke halaman atau website yang dituju. contohnya lu mau daftar SNMPTN ya ntar di halaman SNMPTN pasti disuruh memasukkan KAP sama PIN bagi yang peserta Bidikmisi. kalau lu mau ikut PTN MANDIRI seperti SIMAK UI, ya lu masuk ke website SIMAK UI, dan pasti disitu ada halaman buat masukin KAP sama PIN yang sudah lu ambil di kolom PTN MANDIRI pada halaman seleksi.

Jadi Inget ya, Beda jalur seleksi beda KAP sama PIN nya.. jadi tiap lu daftar beda jalur maka lu harus ambil KAP sama PIN di halaman seleksi. 

Panduan lengkap daftar bidikmisi 2017/2018
kalau ikut PMDK dan SBMPTN, maka lu harus Klik Dapatkan PIN dan KAP sesuai jalur yang akan lu Pilih
Panduan lengkap daftar bidikmisi 2017/2018
Kalau pingin ikut Seleksi SNMPTN, dan Seleksi Mandiri PTN ya lu harus klik Dapatkan KAP dan PIN dari Kolom jalur seleksi yang lu pilih.
Panduan lengkap daftar bidikmisi 2017/2018
Nah untuk yang ingin Seleksi mandiri PTS sama UMPN, gue ulangi lagi, lu harus ambil KAP sama PIN di Kolom yang lu ikuti jalur seleksinya. jika DAPATKAN KAP DAN PIN masih berwarna Biru itu artinya belum pernah lu pakai tuw KAP sama PIN nya

Pertanyaan Terakhir. Apakah bisa menggunakan 2 KAP dan PIN pada jalur berbeda secara bersamaan ?

 Bisa, lu bisa lihat digambar screenshoot yang KAP sama PINnya gue hitamin. itu kan dua-duanya kebuka KAP sama PINnya. jadi jangan Kwatir ada efek atau akibat yang ditimbulkan dari lo buka 2 KAP dan PIN pada jalur berbeda secara bersamaan. 



Nah mungkin cukup dari gue, kalo lu ada yang nggk jelas, atau masih bingung, atau masih ada yang ngganjel di hati lu, lu bisa tinggalin pertanyaan di kolom komentar yang telah disediakan. 

Atau lu bisa tweet ke @Masafan7 atau kirim email ke Geniusmart1@gmail.com

Pesan Gue : Bagiin artikel ini ke temen-temen lo atau share artikel ini supaya peserta bidikmisi lainnya nggak kebingungan kayak gue waktu awal-awal dapet bidikmisi. karena nggk semua website atau blog yang mengupas sampai ke isi-isi dalem dari Halaman bidikmisi tersebut. 


Kata kunci : 
1.Panduan Lengkap Daftar Bidikmisi 2017/2018 Terbaru
2. Cara Daftar Bidikmisi
3. Syarat-syarat Bidikmisi

Semoga Sukses.....


Subscribe to receive free email updates:

16 Responses to "Panduan Lengkap Daftar Bidikmisi 2017/2018 Terbaru "

  1. Terus kalo misalnya orang tua kita ga sampe S1, apa masih bisa daftar Bidik Misi???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kak salman..

      Bisa kak, Jadi bidikmisi adalah beasiswa bagi siswa yang kurang mampu secara ekonomi. Nah kalau memenuhi kriteria di atas kenapa tidak ?

      Semoga menjawab kak

      Delete
  2. Saya mau nanya...apa kah dengan mengikuti bidik misi ini akan memoermudah lolos di snmptn karena kan disetiap ptn mempunyai kuota minimal bidik misi...jadi apakah yang mendaftar bidikmisi akan di saingkan dengan yang mendaftar di bidikmisi juga di jalur SNMPTN itu......ataukah mempersulit? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk yang pernyataan setiap ptn mempunyai kuota minimal bidikmisi itu betul mas mugi anandika.

      Cuma yang menjadi pertanyaannya adalah apakah mendaftar bidikmisi bias mempermudah lolos snmptn ?

      jawabannya : Bisa iya, bias tidak, karena kuota pendaftar bidikmisi di suatu Perguruan Tinggi juga belum diketahui apakah belum mencukupi kuota minimal bidikmisi atau malah sebaliknya. Yang pasti sejauh ini tidak ada pernyataan mengenai bidikmisi adalah jalur masuk Perguruan Tinggi. Mengingat juga bahwa penilaian SNMPTN indikatornya banyak.

      Jawaban untuk pertanyaan terakhir yaitu : Untuk menjawab pertanyaan mengenai SNMPTN sebenarnya semua orang juga meraba-raba karena sifat penilain SNMPTN itu sendiri juga tidak transparan. Dan mungkin kalau dijadikan penilaian maka menjadi penilaian yang kesekian karena SNMPTN pertama yang dilihat adalah Nilai siswa dan Sekolah.

      Delete
  3. kalo tidak bisa mengikuti jalur snmptn, apakah bisa ikut bidikmisi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii kak ainur rofiq..

      Tentu bisa kak, Bidikmisi bisa digunakan untuk snmptn, sbmptn, dan juga mandiri. Namun untuk mandiri, tidak semua bisa memakai bidikmisi. Berdasarkan pengalaman saya, yang mandiri ada bidikmisi nya yaitu UI, UNESA. (Mungkin ada lagi perguruan tinggi yang lain diluar pengetahuan saya yang jalur mandiri nya bisa memakai bidikmisi)

      Delete
  4. Hai kak, mau tanya dong. Apa bener panitia bidik misi itu akan melakukan semacam survei ke rumah si pendaftar bidik misi untuk mencari bukti apakah anak itu pantes dapat bidik misi atau tidak?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi biar tidak bingung saya ceritakan mulai awal kak..

      Bidikmisi itu diterima atau tidaknya itu nanti pas waktu di terima di universitas. Ketika diterima di universitas itu nanti ada verifikasi bidikmisi. Dan jika waktu verifikasi itu lolos, maka tidak perlu di survey ke rumah kakak, namun jika data peserta bidikmisi mencurigakan maka akan di survey secara langsung kak...

      Delete
  5. hai kak mau nanya kalo saya tinggal sama abang (wali) tapi wali saya sudah memiliki tanggungan, sementara ortu saya seorang petani. apakah masih bisa daftar bidik misi kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya hai kak ilham..

      Insya'Allah masih bisa kak.. Jadi untuk sekedar daftar itu bisa kak dan nanti faktor nya itu banyak seperti punya motor atau tidak, penghasilan orang tua berapa, tagihan listrik berapa, dll.. Dan untuk penentuannya itu waktu di universitas yang kakak pilih. Jadi untuk mendaftar itu bisa kak..

      ada yang belum jelas kak ?

      Delete
  6. Kak, kalau sekolah saya tidak tau atau kurang tau tentang adanya pendaftaran bidikmisi dan tidak mengurusnya, apakah saya bisa daftar sendiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau statusnya masih siswa harus melalui rekomendasi sekolah kak. Bisa tanya ke bagian BK atau guru siapa saja mengenai bidikmisi karena menjadi tanggungjawab sekolah untuk pendaftaran bidikmisi kak..

      Delete
  7. Kak mau tanya, kalau misalnya ikut bidik misi tp hanya untuk ujian mandiri aja bisa gak? Contohnya simak ui

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kak.. Jadi waktu SNMPTN dan SBMPTN tidak usah dipakai saja KAP sama PIN nya

      Delete
  8. Kak, saya masih bingung apa bisa saya mencoba bidik misi lewat snmptn, pasti nilai raport kita dilihat juga kan? Nah pertanyaannya utk passinggradenya itu sama atau beda dgn yg bukan bidik misi kak? .......terima jasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya coba jelaskan secara detail kak :

      1. Passing grade itu sebenarnya tidak ada di PTN (PTN tidak mengeluarkan), yang ada itu keketatan setiap jurusan.
      2. SNMPTN tidak hanya melihat penilaian tapi banyak indikator lainnya kak
      3. Bidikmisi itu akan mengikuti peserta bidikmisi. Jadi, bidikmisi itu dapat atau tidak tergantung orang itu masuk Perguruan Tinggi karena yang memverifikasi itu Perguruan tingginya sendiri. Ntah melalui SNM, SBM, PMDK itu semua bisa dapat bidikmisi.

      Semoga menjawab. kalau masih ada pertanyaan bisa langsung ditanyakan kembali.

      Delete