adsense

TOP SOAL DAN JAWABAN BAB Kemerdekaan Indonesia - GeniuSmart.Net

TOP SOAL DAN JAWABAN BAB KEMERDEKAAN INDONESIA

top soal dan jawaban bab kemerdekaan indonesia www.geniusmart.net
Museum Proklamasi. sumber : www.indonesia-heritage.net

1. Tokoh bangsa Indonesia yang ditunjuk menjadi ketua BPUPKI adalah .... (Dr.Radjiman Wedyodiningrat)

2. Tujuan pembentukan BPUPKI adalah .... (untuk mempelajari hal-hal yang penting mengenai masalah tata pemerintahan Indonesia merdeka)

3. Tokoh-tokoh nasionalis Indonesia yang dipanggil pada 9 Agustus 1945 ke Dalat, Saigon (vietnam) adalah .... (Ir. Soekarno, Moh. Hatta, Dan Radjiman Wedyodiningrat)

4. Latar belakang pemanggilan Ir. Soekarno, Moh. Hatta, dan Radjiman Wedyodiningrat, ke Dalat, Saigon pada 9 agustus adalah .... (Janji perdana menteri Kaiso mengenai Kemerdekaan Indonesia) 

5. Yang bukan tujuan penculikan kedua tokoh nasional ke Rengasdengklok adalah .... (agar lepas dari segala ikatan jepang) 

6. Seorang utusan pemuda yang dikirim ke Jakarta untuk melaporkan sikap Soekarno-Hatta dan sekaligus untuk mengetahui persiapan perebutan kekuasaan yang dipersiapkan pemuda di Jakarta ialah ...(Yusuf Kunto)

7. Seorang golongan tua yang mampu meyakinkan para pemuda bahwa proklamasi akan dilaksanakan dengan menjadikan nyawanya sebagai taruhannya ialah .... (Ahmad Subarjo)

8. Orang yang mendengar menyerahnya jepang kepada sekutu melalui siaran radio di Jakarta ialah .... (Sultan Syahrir)

9. Para pemudaibu kota yang tergabung dalam komite van aksi menyambut proklamasi dengan pengerahan masa pada 19 september 1945 di .... (lapangan Ikada) 

10. Gagasan yang bukan dikemukakan oleh M. Yamin mengenai dasar negara RI pada 29 Mei 1945 yaitu.... (kekeluargaan)

11. Bangsa Indonesia memiliki landasan konstitusional dalam berbangsa dan bernegara sejak ....(18 Agustus 1945)

12. Hari lahir pancasila jatuh pada tanggal .... ( 1 Juni 1945)

13. Rumusan dasar negara pancasila yang terdapat dalam Piagam Jakarta hampir sama dengan rumusan dasar negara yang dikemukakan.... (Ir. Soekarno)

14. Berikut bukan kedudukan dan fungsi PPKI, yaitu .... (badan pendiri negara Republik Indonesia)

15. Anggota misi sekutu yang dikirim oleh SEAC dalam rangka mempelajari dan melaporkan keadaan Indonesia untuk pendaratan rombongan sekutu adalah ....(Mayor A.G. Greenhalgh)

16. Tokoh yang dikenal sebagai pencetus divide et impera ... (Van Der Plass)

17. Pada awal kemerdekaan Indonesia menganut sistem multi partai. Hal ini tertuang dalam ...(Maklumat pemerintah tanggal 3 november 1945)

18. PPKI dibentuk dengan tujuan mengesahkan .... (UUD 1945)

19. Pada zaman revolusi, pers nasional mempunyai andil yang besar dalam perjuangan menegakkan kemerdekaan, dengan cara .... (mengadakan perjuangan masyarakat ke arah sasaran yang dituju)

20. Pada zaman revolusi , Para komponis tidak mau ketinggalan menciptakan lagu perjuangan, seperti yang melukiskan tentang hijrahnya Divisi Siliwangi yang terdapat pada lagu .... (Sepasang Mata Bola)

21. Bagaimanakah keputusan yang dihasilkan dari sidang BPUPKI .....
( sidang pertama : Rumusan dasar negara : Pancasila, sidang kedua : Penyataan Indonesia merdeka, Rumusan Batang tubuh UUD 1945) 

22. Jelaskan perbedaan pendapat antara golongan tua dan golongan muda tentang proklamasi kemerdekaan ! ( Golongan muda : menghendaki proklamasi diselenggarakan secepatnya tanggal 16 Agustus 1945, Menghendaki proklamasi kemerdekaan Indonesia terlepas dari pengaruh Jepang, Menganggap PPKI buatan jepang, Menganggao golongan tua sangat lamban. sedangkan golongan tua : menghendaki cepat atau lambatnya proklamasi Kemerdekaan Indonesia tidak penting, tetapi pada dasarnya proklamasi harus disiapkan secara matang, Menghendaki proses proklamasi melalu rapat PPKI, Golongan tua lebih bersikap hati-hati)

23. Tuliskan 3 perubahan yang ada dalam teks otentik proklamasi dari naskah konsep teks proklamasi ! ....

a. Kata Tempo diubah menjadi Tempoh.
b. Jakarta, 17-8-05 diubah menjadi Jakarta, hari 17 bulan 8 tahun 05. 
c. Kata-kata wakil-wakil bangsa Indonesia diganti dengan kata-kata Atas nama bangsa Indonesia

24. Tuliskan bunyi proklamasi yang dibacakan Bung Karno pada tanggal 17 Agustus 1945 !


PROKLAMASI 

Kami Banga Indonesia dengan ini menjatahkan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal yang mengenai pemindahan kekoesaan d.l.l, diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, 17 Agustus 1945
Atas nama Bangsa Indonesia

Soekarno-Hatta


BACA JUGA :









THANKS TO 


1. Drs. Kristiyanto 
2. www.focussejarah.blogspot.co.id
3. www.indonesia-heritage.net

Subscribe Gratis dan Dapatkan Informasi Artikel Pendidikan Terupdate:

0 Response to "TOP SOAL DAN JAWABAN BAB Kemerdekaan Indonesia - GeniuSmart.Net"

Post a Comment

Dapatkan Informasi Terupdate Melalui Email