adsense

Soal Dan Jawaban Bab Strategi Pergerakan Nasional Kelas XI

hari kebangkitan nasional www.blogsoaljawaban.blogspot.com
Gambar Illustrasi Hari Kebangkitan Nasional Republik Indonesia

SOAL 


  1. Pengertian strategi adalah suatu sarana atau alat untuk mencapai tujuan organisasi pergerakan nasional di Indonesia, biasanya dipengaruhi oleh kondisi politik, perkembangan sosial masyarakat dan juga tokoh yang ada dalam organisasi itu sendiri. secara umum ada 2 strategi perjuangan yaitu kooperatif dan non kooperatif. coba jelaskan pengertian kooperatif dan non kooperatif dan beri contoh organisasi yang menjalankan strategi kooperatif dan non kooperatif!
  2. Ibarat sebuah gerbong yang menuju ke arah maju kesadaran kebangsaan Indonesia perlu didorong oleh tenaga ekstra. Bentuk tenaga ekstra itu bisa berasal dari dalam dan juga berasal dari luar. coba temukan 4 faktor yang berasal dari dalam negeri itu sendiri sebagai tenaga pendorong lahirnya kesadaran nasional Indonesia pada saat itu!
  3. Istilah "ujung pena dapat mengubah dunia". telah banyak terbukti dalam sejarah bangsa Indonesia. Masa awal tumbuhnya nasionalisme (kesadaran kebangsaan Indonesia) lewat surat kabar majalah dengan bahasa apapun ternyata juga menjadi alat menyebarluaskan ide-ide dan doktrin-doktrin perjuangan dari organisasi pergerakan baik itu bersifat sosial, budaya, dan politik. salah satu tulisan soewardi soerjaningrat (Ki Hajar Dewantara) menyebabkan pemerintah Hindia Belanda kebakaran jenggotnya "marah besar". Coba tuliskan inti tulisan tersebut dan bagaimana dampaknya terhadap pribadi dan organisasi yang dipimpinnya!
  4. Atas dorongan dr. Wahidin Sudirohusodo maka mahasiswa STOVIA kemudian sadar dan bangkit dengan mendirikan Budi Utomo. Budi Utomo merupakan organisasi pertama yang tampil di permukaan di bumi Indonesia ini, sehingga hari berdirinya diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Coba kemukakan pendapatmu tentang organisasi Budi Utomo dalam kaitannya dengan perkembangan pergerakan nasional di Indonesia!
  5. Dibanding dengan organisasi yang lain pada eranya Serikat Dagang Islam (kemudian berganti Serikat Islam) merupakan partai yang jumlah anggotannya terbanyak. coba analisis mengapa Serikat Islam mampu menarik simpati masyarakat Indonesia untuk menjadi anggotannya!
  6. Indische Partij tidak dapat dipisahkan dari Tiga Serangkai sebagai pendirinya. Sifat dan tujuan Indische Partij sangat berbeda dengan organisasi lainnya, namun sayangnya umur Indische Partij sangat singkat. Coba temukan mengapa Indische Partij dibubarkan oleh pemerintah Kolonial Belanda!
  7. Kesimpulan apa yang dapat kamu ambil atas munculnya golongan terpelajar terhadap lahirnya kesadaran kebangsaan Indonesia !

JAWABAN 


1. A. Kooperatif (kerja sama)/moderat : strategi atau sikap menghindari tindakan kekerasan atas keberadaan pemerintah kolonial di Indonesia atau ikut kerja sama dengan pemerintah kolonial belanda untuk mencapai kemerdekaan

Contoh : Budi utomo, Muhammadiyah, NU, Gerindo, Sarekat Islam

     B. Non Kooperatif (tidak kerja sama) atau radikal. : strategi atau tindakan penentangan secara keras dan represif terhadap kebijakan pemerintah kolonial untk mencapai kemerdekaan

Contoh : Perhimpunan Indonesia, Indische Partij, PKI, PNI, PPKI, GAPI, Portal Bangsa Indonesia

2. Lahirnya golongan terpelajar, timbulnya dorongan untuk mengembalikan kejayaan bangsa di masa lampau, timbulnaya perasaan senasib sepenanggungan akibat penjajahan, Timbulnya dorongan untuk mengembalikan kejayaan bangsa di masa lalu

3. Inti "Als lk Eens Nedherlander was" adalah kritikan tajam dan sindiran yang ditunjukan oleh Ki Hajar Dewantara kepada Belanda. Karena pemerintah kolonial Belanda menilai tulisan ini dapat menghasut rakyat untuk melawan pemerintah pada tanggal 30 juli 1913, polisi Belanda menangkap Cipto Mangunkusuma dan Ki Hajar Dewantara, Pemerintah kolonial selanjutnya memutuskan "tiga serangkai" untuk ditanggap yaitu anggotanya diasingkan di luar jawa.

4. Berdasarkan tujuan Budi Utomo yaitu meningkatkan derajat bangsa dan mencapai kemajuan, tumbuhlah kesadaran rakyat di Indonesia, untuk bangkit dan berpandangan maju menuju kemerdekaan karena Budi utomo menjadi tonggak awal terbentuknya organisasi pergerakan nasional lain yang bertujuan sama, mencapai kemerdekaan, sehingga ada kaitan dengan perkembangan pergerakan nasional di Indonesia

5. Sebab Tujuan Utama SDI adalah melindungi kegiatan ekonomi pedagang islam agar dapat terus bersaing dengan pengusaha cina. Agama islam digunakkan sebagai faktor pengikat dan penyatu kekuatan dagang islam yang saat itu kurang diperhatikan pemerintah kolonial. Dasar seperti ini banyak pedagang islam ikut bergabung organisasi ini, agar usaha menta tetap berjalan normal dan roda perekonomian rakyat berjalan

6. Karena tujuannya yang terlalu jelas yaitu mencapai Indonesia merdeka. itu sebabnya pemerintah hindia belanda cemas melihat perkembangan dan segera membubarkannya. Karangan "als lk eens nedherlander was" yang menyindir kolonial belanda, menambah alasan pemerintah Belanda membubarkannya

7. Golongan terpelajar yang menimba ilmu, mereka telah mulai berfikir kritis sejak awal mengenal nasib penderitaan rakyat Indonesia, kesejahteraan rakyat pribumi dan pencapaian kemerdekaan. Dari situlah, golongan terpelajar menjadi moto penggerak perubahan konsep perlawanan bangsa Indonesia dari yang sebelumnya dengan cara kekerasan (perang) bergeser menggunakan organisasi pergerakan nasional yang masih memiliki tujuan mensejahterakan rakyat Indonesia dan mencapai kemerdekaan.


THANKS TO 


1. Drs. Kristiyanto
2. Focussejarah.blogspot.co.id

Subscribe Gratis dan Dapatkan Informasi Artikel Pendidikan Terupdate:

0 Response to "Soal Dan Jawaban Bab Strategi Pergerakan Nasional Kelas XI"

Post a Comment

Dapatkan Informasi Terupdate Melalui Email