adsense

Selamatkan Air Tanah Jakarta, Selamatkan Dunia !!!

Selamatkan Air Tanah Jakarta, Selamatkan Dunia !!! - Widih.. Merinding ya sobat kalau baca judulnya. Hehehehe.. Ini Beneran lho sobat, kalau kita bisa selamatkan Air Tanah Jakarta, kita pasti juga bisa selamatkan Dunia.

Lha kok bisa min ?

Ya bisa dong sobat, belum tau ya ? bingung ya ? 

kalau sobat tidak tau dan bingung wajib nih buat sobat semua buat mengulas (ciee mengulas :D) bersama saya tentang topik utama kita yaitu "Air Tanah Jakarta"

Gambar 1.1 | Gambar Illustrasi Air. Sumber www.digaleri.com

Pertama-tama, sekalian pemanasan nih sobat. menurut sobat definisi dari air tanah itu apa sih ? 

Air tanah yah min ? air tanah adalah air yang ada di dalam tanah min

Oke, benar sobat dan tidak salah. ada yang berpendapat lain untuk sobat yang lainnya ? 

Air tanah adalah air yang ada di bawah permukaan tanah dan tetap terjaga kemurnian nya dan kesuciannya seperti cinta kita berdua (kabuuurrrr...)

Nah lho, Dikatain bener ya gak terlalu bener, dikatain salah ya ada benernya. benernya gini lho sobat udah tau belum kalau air tanah itu air yang paling menyehatkan ? Kalau belum tau nanti kita bahas bersama sobat.


Pertama, Apa sih Air tanah itu ? 

Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia

          Air Tanah adalah air yang terdapat dalam lapisan tanah atau bebatuan di bawah permukaan tanah. 

Gimana sobat semua ? sudah ada gambaran tentang air tanah ? kalau sudah yukk kita lanjut...
Ada yang tau dimana letak air tanah sobat ? Hayoo siapa yang masih SMA ? Air tanah termasuk kedalam pelajaran Geografi SMA Kelas 10 Semester 2 lho. 

Gambar 1.2 | Tempat atau letak air tanah. Sumber tukangbata.blogspot.com

Nah hayoo sekarang sudah ada gambarnya.. ada yang bisa jelasin dimana letak air tanah ? Daripada kelamaan mending admin jelasin aja deh. Air tanah terletak atau berada di ruang antarbebatuan atau celah-celah batuan dibawah permukaan bumi. Air tanah terkumpul pada suatu lapisan yang tidak tembus air atau disebut impermeabel. jadi bisa disimpulin kalau letak air tanah itu berada diatas lapisan tidak tembus air (impermeabel) dan dibawah lapisan tembus air (permeabel). 

Gimana sekarang sudah jelas bukan ? Ohh ya.. admin belum jelasin ya sobat kenapa air tanah itu air yang paling menyehatkan ?

Jawabannya adalah proses pembentukan air tanah melalui proses penyaringan, pembersihan, dan penetralan derajat keasaman sobat. Jadi mengapa air tanah itu sangat dibutuhkan dan sangat penting bagi kita semua.

Kedua, Permasalahan Mengenai Air Tanah

Saya tanya dulu deh sama sobat semuanya, ada yang tau tidak permasalahan yang sedang dihadapi sekarang ini oleh Indonesia bahkan Dunia yang berhubungan dengan Air tanah ? yang belum tau simak ya baik-baik, dan yang sudah tau boleh ikut sharing juga.

"Kita semua sudah tau bukan kalau air tanah itu sangat
 penting bagi kehidupan kita ? Nah karena sangat pentingnya itulah 
sekarang banyak perusahaan atau instansi yang melakukan eksploitasi 
besar-besaran tanpa melihat ketersediaan air tanah yang hanya tersisa 0,0094% di Bumi"  

Dengan adanya eksploitasi besar-besaran itu lah yang menjadi penyebab atau permasalahan di Jakarta (Indonesia) bahkan Dunia sobat. Dan yang lebih menyedihkan lagi itu akibat yang ditimbulkan dari eksploitasi air tanah dengan jumlah yang sangat besar yaitu penurunan permukaan tanah karena tidak adanya air penopang. selain sebagai air yang layak minum, memasak,mandi, dan mencuci, air tanah juga sebagai penopang pori-pori tanah sehingga tanah tidak mengalami penurunan, hal tersebut merupakan salah satu faktor yang menyebabkan penurunan permukaan tanah, untuk lebih lengkapnya lihat (Gambar 2.1).

Gambar 2.1 | Penyebab penurunan permukaan tanah. Sumber : FansPage PT. Aetra Air Jakarta


Nah kalau sekarang hebat-hebatnya eksploitasi air tanah ? Bagaimana dengan permukaan tanah yang ada di Indonesia sobat ? Terlebih di daerah Jakarta yang merupakan daerah hulu dari Puncak Bogor ?

Ini ada informasi menarik buat kita semua sobat (gambar 2.2).

Gambar 2.2 | Infografis mengenai eksploitasi air tanah. Sumber FansPage PT. Aetra Air Jakarta

Nah menurut admin ini yang paling seru sobat (sambil ngusap air mata...) (Gambar2.3)

Gambar 2.3 | Prediksi PT. Aetra Air Jakarta mengenai turunya permukaan tanah. Sumber FansPage PT. Aetra Air Jakarta

Terus kalau begini bagaimana solusinya min ?


Untuk solusinya ada sobat. Yukkk simak bagian ketiga.


Ketiga, Problem Solving (Pemecahan Masalah)


Yupp kita memasuki bagian ketiga yaitu problem solving atau pemecahan masalah. 

Banyak cara Sobat untuk mengurangi dampak yang dihasilkan dari penurunan permukaan tanah, Diantaranya :

1. Menerapkan Prinsip 5 H 
  • Reduce (Hemat)
Yah.. menurut saya cara ini adalah cara yang simple dan mudah diterapkan sobat yaitu dengan cara menghemat. Contoh menghemat air tanah yaitu dengan cara menggunakan air tanah dengan bijak. atau contoh yang lain yaitu hanya menggunakan air tanah untuk minum, masak, dan mandi, selebihnya bisa menggunakan air permukaan untuk menyiram tanaman, mencuci pakaian, dll. 
  • Reuse (Memanfaatkan Kembali)
Reuse atau memanfaatkan kembali. ada yang tau bagaimana contoh dari Reuse sobat ? yapp benar, salah satunya yaitu memanfaatkan air tanah yang selesai digunakan untuk digunakan kembali dalam hal yang berbeda. seperti, menggunakan air tanah yang selesai digunakan untuk mencuci buah atau sayur-sayur untuk menyiram tanaman. 
  • Recycle (Daur Ulang )
Nah yang ketiga adalah Recycle atau daur ulang. Prinsip ini lebih sulit diterapkan dikalangan umum karena secara general daur ulang air menggunakan metode kimiawi yang terbilang rumit sobat.
  • Recharge (Pengisian)
Prinsip ke empat yaitu pengisian atau Recharge. Pengisian ini pada umumnya dilakukan pada musim hujan yaitu dengan cara tidak membiarkan air hujan itu Run off atau keluar tapi dimasukkan ke dalam sumur resapan, cara ini terbilang cukup efektif lho sobat. 

  • Recovery (Pemulihan)
Prinsip yang terakhir dalam 5 H yaitu Recovery atau pemulihan. Cara ini pada umumnya dilakukan oleh perusahaan dengan cara menginjeksikan air kedalam tanah agar air tanah menjadi Balance lagi sobat. 

2. Alternatif lain yaitu mengganti air tanah dengan menggunakan air tampungan sobat. yang dimaksud air tampungan disini yaitu air permukaan yang ada di suatu tempat besar contohnya seperti waduk. 

Nah kalau menggunakan air tampungan, contohnya menggunakan air waduk. terus bagaimana kita menggunakannya min?

Pertanyaan yang bagus sobat. kalau masalah itu sih jangan khawatir sudah ada ahlinya. biasanya air waduk itu dialirkan melalui pipa yang akan dialirkan ke rumah saudara. air ini juga sering disebut air bersih perpipahan sob. metode ini lah yang diterapkan oleh Aetra guna mengurangi eksploitasi air tanah besar-besaran, karena air perpipahan tidak menggunakan bahan baku air tanah sobat. jadi alternatif yang bisa kita lakukan yaitu bisa menggunakan air bersih perpipahan sob. 

3. Mengubah air lumpur menjadi air siap pakai. Ini merupakan terobosan baru sobat, sudah ada di Indonesia. Metode ini sudah digagas oleh PT. Aetra Air Jakarta (Gambar 2.4)

Gambar 2.4 | Infografis Terobosan baru oleh PT Aetra Air Jakarta. Sumber : FansPage PT. Aetra Air Jakarta

Itu tadi sobat tips agar Jakarta (Indonesia) bisa meminimalisir dampak dari eksploitasi Air Tanah dalam jumlah yang besar. Ohh ya di judul tadi saya mengatakan "selamatkan Air Tanah Jakarta, Selamatkan Dunia" maksudnya disini yaitu jika dengan adanya usaha yang dilakukan oleh semua elemen baik lapisan masyarakat maupun pemerintahan yang ada di Indonesia untuk menyelamatkan air tanah jakarta, bukan tidak mungkin negara-negara lain yang mengalami permasalahan yang sama bisa menjadikan Negara Indonesia sebagai tauladan untuk meminimalisir hal yang sama di Negara mereka. 

#SelamatkanAirTanah
#SelamatkanAirTanahJakarta

BUKAN HAL YANG TIDAK MUNGKIN KAN SOBAT ???



Poster Lomba Blog Aetra. Sumber : www.Aetra.co.id

Banner Aetra. Sumber : Aetra.co.id


Subscribe Gratis dan Dapatkan Informasi Artikel Pendidikan Terupdate:

0 Response to "Selamatkan Air Tanah Jakarta, Selamatkan Dunia !!!"

Post a Comment

Dapatkan Informasi Terupdate Melalui Email