adsense

Badak Jawa, Kado Istimewa Untuk Anak Cucu Kita

Badak Jawa, Kado Istimewa Untuk Anak Cucu Kita- Nah sekarang kita akan membahas Badak yang merupakan salah satu hewan langka di Dunia. Di sini kita saling sharing aja ya sobat semua, dan tidak usah terlalu formal yang penting komunikatif biar tidak jenuh saat ngulik tentang Badak.

Gambar 1.1 Animasi Badak.  Diambil dari houseofinfographics.com


Hmmm.. Menurut kalian badak itu apa sih sobat ?

Hewan bertubuh besar yang mempunyai cula

Yap benar.. ada pendapat lain ? 

Hewan bertubuh besar yang mempunyai cula dan tergolong ke dalam famili Rhinocerotidae

Yah bagus, mungkin ada yang mau menambahi lagi ? 


Badak adalah hewan Mamalia yang bertubuh besar dan mempunyai cula dan  tergolong ke dalam famili Rhinocerotidae 

Cakep sobat, semua benar dan tidak ada yang salah. 

          Menurut KBBI Badak adalah Binatang menyusui yang berkulit tebal, ada yang bercula satu, ada yang bercula dua, termasuk keluarga Rhinocerotidae. 

Ada definisi lain dari Wikipedia Bahasa Indonesia :

          Badak adalah Lima spesies hewan dari famili Rhinocerotidae, Ordo Perissodactyla yang kesemuanya berasal dari afrika atau asia. 

Nah Sekarang kita lebih tau kan apa itu badak ? Tapi kok beda-beda ya definisinya ? Yah iyalah kan definisi sendiri adalah kata atau kalimat yang mengungkapkan makna, keterangan dan termasuk opini, atau gambaran seseorang mengenai sesuatu. Eitss tapi jangan salah ya sobat meskipun berbeda-beda namun semua definisi tersebut mempunyai 1 inti yang sama lho. So Tenang aja. Bukankah keberagaman itu hal yang Indah :D hehehe.  


"Tahukah Sobat Kalau dahulu diperkirakan pernah ada sekitar 30 
spesies Badak yang pernah hidup di Bumi dan sekarang hanya tersisa 5 spesies saja"


Disini kita akan membahas salah satu dari lima spesies Badak yang masih hidup di Bumi kita tercinta ini. Kan badak itu ada banyak jenisnya kan sobat bolehkan untuk sekarang ini kita ambil yang Badak Jawa ? Kenapa Badak Jawa ? nanti saya jelasin deh sobat kenapa lebih asik ngulik tentang Badak jawa daripada badak yang lain. 

Pertama, Yuk kita sharing lebih mendalam tentang Badak Jawa


Badak Jawa nama kerennya adalah Rhinoceros sondaicus. Kenapa saya tulis miring di bagian nama kerennya sobat ? ada yang tau ? Yapp betul sobat karena Rhinoceros sondaicus adalah nama ilmiah dari badak jawa sehinggga penulisan nya harus memenuhi kaidah Tata Nama Biologi. 

Untuk Penjelasan Lebih Detail tentang Badak jawa, Cermati Gambar Ini Sobat !

Gambar 1.2 Deskripsi grafis Badak Jawa. Sumber : Kementrian Riset dan Teknologi (2010)

Nah untuk yang tadi pusing atau bertanya-tanya tentang spesies apa saja sih yang masih tersisa atau masih hidup di bumi ini, Bisa langsung Cermati gambar 1.2 sobat.
     
5 Spesies tersebut adalah :


1. Badak India. ( Rhinoceros unicornis )




2. Badak Putih Afrika ( Ceratotherium simum )




3. Badak Hitam Afrika ( Diceros bicornis )




4. Badak Sumatera ( Dicerorhinus sumatrensis )



5. Badak Jawa ( Rhinoceros sondaicus )



Udah liat semua kan sobat Profil dari masing-masing Badak yang masih hidup di Bumi.
Yukk lanjut nguliknya sobat.

Ohh ya hampir ketinggalan sobat. ini ada penjelasan lebih lanjut tentang badak Jawa yang tidak kalah seru tentunya. Cermati Gambar dibawah Ini sobat. 

Gambar 1.3 Deskripsi grafis Badak Jawa. Diambil dari houseofinfographics.com

Nah gimana sobat. seru banget bukan ? dan tidak bikin jenuh kalau lagi sharing dan belajar disertai media berupa gambar. Nah ini salah satu tips yang bisa sobat semua coba di kehidupan sobat.

Min admin, Apakah hanya ini saja informasinya ?

Yah tidak dong sobat. Masih banyak informasi yang akan disampaikan untuk sobat semua. Simak terus kalau gitu yah...

Iya pasti min. ini lagi gelar tenda buat mantau informasi selanjutnya.

Iya sobat terima kasih. Yukk lanjut...


Badak di Bumi ini kan yang masih tersisa hanya 5 spesies. ada yang tau tidak hubungan kekerabatan antara 5 spesies Badak yang masih ada di Bumi ini ? Tau tidak Tau wajib Nih sobat semua untuk simak info di bawah ini.

Hubungan Kekerabatan 

          Berdasarkan Analisis hubungan kekerabatan antara 5 spesies Badak yang ada di bumi berdasarkan sitokrom b mitokondria dan gen-gen 12 rRNA, menunjukan bahwa Badak Jawa memiliki hubungan kekerabatan yang paling dekat dengan badak India dibandingkan dengan jenis badak lainnya (Tougard et al. 2001). Hal ini sesuai dengan perkiraan sebelumnya jika sobat ingat bahwa kedua badak ini sama marganya yaitu Rhinoceros. 

Gambar 1.4 | Hubungan kekerabatan Badak Jawa dengan Spesies Badak Lainnya. Diambil dari Tougard et al (2001)

Terdapat juga hal yang sangat menarik di sini sobat. bahwa Hubungan Badak Sumatera "bercula dua" hasil riset Tougard et al (2001) menunjukan bahwa Badak Sumatera atau Badak terkecil diantara spesies Badak lainnya (Gambar 1.5) memiliki hubungan kekerabatan yang lebih dekat dengan spesies Badak bercula Satu yaitu Badak India dan Badak Jawa dibandingkan dengan spesies Badak Putih Afrika dan Badak Putih Afrika yang memiliki cula dua. Kedekatan daerah sebaran, diduga besar menjadi sebab lebih dekatnya hubungan kekerabatan di antara jenis-jenis badak di Asia.  

Gambar 1.5 | Perbandingan Tinggi Tubuh Badak 



"Tahukah Sobat Ternyata di luar sana banyak Komunitas Pecinta Badak Jawa 
yang terkadang menyebut Badak Jawa itu BAJA (Badak Jawa) atau JARI (Javan Rhino)"


Persebaran Badak Jawa 

Nih Sobat juga harus tau kalau ternyata Badak Jawa itu tidak hanya ada di Pulau Jawa bahkan di Indonesia saja. 
Loh yang benar min ? terus dimana saja kalau gitu min ?

Dulunya Badak Jawa tersebar luas sob di Asia Tenggara (Negara-Negara Tetangga) meliputi : Bangladesh, Thailand, Vietnam, Semenanjung Malaya. Nah berdasarkan daerah persebarannya, dikenal 3 subspesies Badak Jawa sobat. 

  1. Rhinoceros sondaicus sondaicus, tersebar di Pulau Sumatera dan Jawa.
  2. Rhinoceros sondaicus annamiticus, tersebar di Vietnam, Laos, Kamboja, Thailand hingga Semenanjung Malaya. Populasi subspesies ini tergolong sangat kritis sobat dengan jumlah diperkirakan kurang dari 10 ekor badak. Lokasi terakhir badak ini berada di sekitar aliran Sungai Dong Nai, Taman Nasional Cat Tien, Vietnam. Berdasarkan dimensi jejak kaki, badak ini diketahui memiliki ukuran tubuh lebih kecil dibandingkan dengan kerabatnya di Taman Nasional Ujung Kulon
  3. Rhinoceros sondaicus inermis, tersebar di Bangladesh hingga Burma. Badak ini memiliki ukuran tubuh paling besar dibandingkan subspesies badak Jawa lainnya. Anehnya, cula badak ini sangat kecil dan tidak berkembang dengan baik. Inermis= tak bersenjata (tak bercula).
Untuk lebih mudah Memahami atau biar tidak jenuh bisa dilihat gambar di Bawah ini sobat.

Peta Persebaran Badak Jawa


"Tahukan Sobat kalau di dalam Cula badak 
terdapat zat keratin, protein yang sama seperti yang terdapat pada kuku manusia"

Gimana sobat lanjut ? 

Lanjutttt....

oke itu tadi yang pertama sobat tentang pengenalan Badak Jawa secara lebih mendalam. 


Yang Kedua, Habitat yang Cocok dan Nyaman untuk Badak Jawa

Nah ngomong-ngomong tentang Habitat nih sobat. Habitat itu bahasa mudahnya seperti rumah dan definisi dari kedua kata tersebut 11-12, seperti pinang dibelah dua gitu lah sobat.

Saya mau tanya dulu deh rumah itu apa sih sobat ? 

Rumah adalah tempat dimana digunakan untuk makhluk hidup berlindung.

yah benar, ada pendapat lain dari sobat yang lain ?

Rumah adalah tempat berlindung dari serangan luar dan tempat untuk menjalin kasih diantara keluarga itu sendiri

Jawabannya lebih bagus dan yang pasti lebih baper :D hehehe

Itu tadi secuil definisi dari rumah. Habitat juga seperti itu,habitat adalah Tempat untuk makhluk hidup tinggal dan berkembang biak. 

        Nah bicara soal habitat, habitat Badak jawa yang sekarang ini sangat miris lho sobat. kenapa dibilang miris ? karena saat ini hanya di Taman Nasional Ujung Kulon saja yang masih menjadi habitat dari Badak jawa itu sendiri. Padahal kalau kita melihat ke belakang, dulu Badak jawa sampai ada di Vietnam, Bangladesh, dan diluar Taman Nasional Ujung Kulon.  Namun sekarang fakta berbicara bahwa Badak Jawa hanya dapat di temui di Taman Nasional Ujung Kulon. Ohh ya udah pernah denger cerita menyedihkan sepasang Badak jawa di luar Taman Nasional Ujung kulon ?

Kalau belum pernah denger, begini Ceritanya sobat....

          Dahulu tinggal lah sepasang Badak jawa jantan dan Badak jawa betina yang tinggal bersama di Karangnunggal, Tasikmalaya, Jawa Barat. Mereka hidup bersama, menerbas semak dan pepohonan untuk mencari makan bersama, berkubang bersama dan menjelajahi alam liar yang hijau nan indah bersama, so sweet kan sobat ? seperti, romeo dan juliet.

Gambar 2.1 | Badak jantan, individu terakhir dari populasi badak Jawa di luar Ujung Kulon, ditembak mati tanggal 31 Januari 1934, di daerah Karangnunggal, Tasikmalaya, Jawa Barat. Sumber: P. F. Frank (1934).
Namun pristiwa tragis menerpa mereka. Pada tahun 1914, ditemukan tubuh Badak betina yang mati membusuk diterjang timah panas sang pemburu liar.  Sejak kejadian tersebut Si Badak jantan hidup sendirian, mengelana kesana kemari tanpa ditemani sang kekasih. Dimana Badak jawa jantan harus hidup sendirian sekitar 20 tahun lamanya. selanjutnya pada tahun 1934 dengan berbagai timbangan, yang pasti sudah sangat matang lah sobat dari museum Zoologi Buitenzorg, maka disuruh lah tim dari museum tersebut untuk mengakhiri hidup sang Badak jawa jantan tersebut. Tim ini berusaha untuk mendahului pemburu liar yang terus mengejar sang badak untuk diambil culanya. Akhirnya, Pada Tahun 1934 lebih tepatnya tanggal 31 januari, P.F. Prankd, dkk, berhasil menembak mati sang Badak Jawa jantan tersebut (gambar 2.1). Setelah terdengar letusan peluru maka Badak jawa tersebut tersungkur dan menghembuskan nafas terakhir, tertembus peluru senapan Mauser kaliber 9,3 mm (Gambar 2.2). Dan yang paling sedih lagi nih sobat bahwa Badak jawa jantan yang terbunuh ini adalah individu terakhir dari populasi Badak Jawa yang ada diluar Taman Nasional Ujung Kulon.

Gambar 2.2 | Badak Jawa jantan yang mati tersungkur setelah tertembus peluru Mauser Kaliber 9,3 mm. 

Dan akhirnya sobat, demi kepentingan ilmu Tim memutuskan untuk mengawetkan si Badak jawa jantan tersebut dengan Arsenik. Untuk sobat yang ingin melihat foto langsung dari Badak jantan jawa yang merupakan individu terakhir yang ada di luar Taman Nasional Ujung Kulon, bisa langsung mengunjungi Museum Zoologi Bogor (Gambar 2.3)

Gambar 2.3 | Individu terkahir Badak Jawa di luar Taman Nasional Ujung Kulon
Oke sobat cukup segitu aja ceritanya. Bagaimana sobat menurut anda ? menyedihkan bukan ? Yah itulah takdir. Mari kita bersama-sama mengambil hikmah dari kejadian tersebut.

lanjuttt.....

Darimana tadi sobat .. ohh iya masih bicara soal habitat ya sobat. Habitat badak jawa yang sekarang ini hanya di Taman Nasional Ujung kulon. Dan desus-desusnya nih yah sobat kalau sekarang ini direncanakan semacam pembuatan habitat baru, ya semoga rencana yang bagus ini segera terealisasikan ya sobat, agar badak jawa yang menjadi primadona Indonesia bahkan Dunia ini bisa terselamatkan dari kepunahan. Nah tepat sekali nih lagi membahas kepunahan, ada info yang menarik lho buat sobat semua yang perlu diketahui kalau sekarang ini Badak Jawa menjadi hewan langka dalam kategori CR. apa itu CR ? bisa disimak gambar dibawah ini sobat.

Gambar 2.4 | Status Konservasi Badak Jawa

Balik lagi ke Habitat....

Kalau misalnya terealisasikan untuk membuat tempat yang baru untuk Badak Jawa di luar Taman Nasional Ujung Kulon. Menurut Sobat bagaimana sih tempat atau habitat yang cocok dan nyaman untuk sahabat kita JARI ( baca : Javan Rhino ) ? Ada yang tau ? Ya sudah mari kita bahas bersama.

Tempat yang cocok dan nyaman untuk badak harus memenuhi beberapa kriteria :

1. Daerah atau Habitat baru harus Aman dan Dilindungi.

          Badak Jawa harus ditempatkan di daerah atau kawasan yang terlindungi sobat. karena apa ? agar Kelangsungan si Badak Jawa ini semakin terjaga dan terhindar dari kepunahan dari pemburu liar yang tidak bertanggung jawab atas kelangsungan hidup si Badak Jawa.

2. Ketersediaan pakan yang meliputi tumbuhan, air, dan garam-garam mineral.

          Ketersediaan pakan yang pertama adalah tumbuhannya sobat. Tahukah sobat kalau Badak jawa adalah hewan yang tergolong kedalam kelompok Herbivora ? Yah, kedalam kelompok hewan-hewan pemakan tumbuhan. Badak jawa memakan segala spesies tanaman, terlebih buah, ranting, daun-daun muda, dan tunas. yang kedua, tersedianya air juga mempengaruhi keterlangsungan Badak jawa, terlebih lagi Badak jawa memerlukan tempat untuk berkubang yang pastinya tanah nya harus lembab dan berlumpur (Gambar 2.5). faktor air disini sangat penting, karena tidak mungkin Badak jawa bisa berkubang kalau tanahnya tandus. dan yang terakhir tersedianya garam-garam mineral, layaknya Badak sumatera, spesies ini juga memerlukan makanan yang mengandung garam-garam mineral, seperti pada Taman Nasional Ujung Kulon, untuk memenuhi kebutuhan garam-garam mineral Badak jawa sering minum air laut untuk mendapatkan garam mineral karena area di Taman Nasional Ujung kulon tidak ada yang mengandung Garam-garam mineral terkecuali di laut.

Gambar 2.5 | Potret Badak jawa sedang berkubang di Taman Nasional Ujung Kulon


3. Letak Topografi

         Letak topografi Badak jawa juga berpengaruh loh sobat.  Badak jawa hidup di hutan hujan dataran rendah. Dalam sejarah Badak Jawa menyukai daerah rendah, meskipun ada Spesies badak jawa dengan Subspesies di vietnam terdorong menuju tanah yang lebih tinggi, diatas 2000 meter.

4. Terhindar dari daerah yang berkemungkinan sering terjadi Bencana Alam

        Nah aspek yang ke empat juga harus sebisa mungkin atau semaksimal mungkin terpenuhi sobat untuk habitat Badak jawa yang kedua. sudah tau belum sobat kalau Badak jawa yang sudah dewasa itu tidak mempunyai Predato (hewan pemangsa) ?

Kalau tidak ada hewan pemangsa atau predator, lantas mengapa Badak jawa ini sampai terancam punah ?

Benar memang Badak jawa dewasa tidak mempunyai predator namun faktor yang sangat berpengaruh dalam kepunahan Badak jawa itu sendiri adalah banyaknya pemburu liar yang tanpa bertanggung jawab membunuh Badak dengan latar belakang atau didasari niat ingin mendapatkan cula nya untuk dibuat Obat orang-orang Tiongkok. Tidak hanya itu, faktor yang lain adalah Bencana alam yang sering mengganggu kestabilan atau kelangsungan Badak jawa. Jadi untuk kedepan sebaiknya mencari habitat kedua dari Badak jawa itu harus jauh dari tempat yang berkemungkinan sering terjadi Bencana alam sobat. 

Itu tadi sobat kriteria yang wajib dipenuhi untuk habitat kedua dari Badak jawa. menurut WWF (World Wildlife Fund) dalam penelitian awal mengidentifikasi bahwa habitat yang cocok, aman, relatif dekat adalah Taman Nasional Halimun di Gunung Salak, yang dulu juga merupakan habitat Badak jawa sobat. Jika kedepan Taman Nasional Halimun di Gunung Salak di Nilai layak untuk dijadikan habitat kedua untuk Badak Jawa maka diharapkan status Badak jawa dalam beberapa periode waktu kedepan bisa menurun atau kurang dari CR (Critically Endangered).

Gambar 2.6 | Foto Taman Nasional Gunung Halimun


"Tahukah Sobat kalau Badak mempunyai sifat Anti-sosial yang dikarenakan Adaptasi terhadap tekanan populasi, bukti sejarah mengusulkan bahwa 
spesies ini pernah hidup berkelompok"

Itu tadi menurut WWF sobat. masih banyak kok yang belum di explore untuk dijadikan habitat kedua Badak jawa. menurut sobat sendiri Tempat atau lokasi mana yang pas dan nyaman untuk Badak jawa ?

Pilihannya : 

A. Taman Nasional Halimun
B. Hutan Baduy
C. Cagar Alam Sancang
D. Isi Sendiri

Oke terima kasih sobat yang sudah menemani saya ngulik tentang Badak Jawa. Seru bukan ? itu tadi mengapa saya mengambil spesies Badak Jawa, karena menurut saya Badak jawa menyimpan tabir besar yang patut untuk di explore atau dibahas secara mendalam guna menanamkan sikap dan sifat cinta kepada Badak jawa.

Untuk Oleh-oleh dari saya, saya kasih informasi yang tidak kalah penting dan menarik untuk sobat semuanya. Apa itu ? yaitu Buku Teknik Konservasi Badak Indonesia. Buku yang ditulis bersama oleh 20 praktisi konservasi Badak di Indonesia yang berasal dari berbagai macam Institusi. untuk mengenal Lebih jauh bisa lihat Buku Teknik Konservasi Badak Jawa.

Buku Teknik Konservasi Badak Indonesia



         Dan untuk yang terakhir kali, Harapan saya sebagai penulis adalah Kedepannya Badak Jawa bisa tumbuh dan berkembang menjadi salah satu hewan yang berhasil keluar dari status Terancam Punah menjadi Status terbebas dari Punah. Agar kelak anak dan cucu kita bangga mempunyai orang tua yang mampu bertanggung jawab dan menjawab tantangan Dunia agar kelak generasi muda tumbuh menjadi Generasi yang lebih baik dan mampu bertahan di Era Globalisasi yang semakin semarak dan hebat-hebatnya.

"Artikel ini diikut lombakan dalam lomba menulis cerita rumah yang nyaman untuk Badak Jawa"

Poster Lomba Menulis Cerita Anda


Subscribe Gratis dan Dapatkan Informasi Artikel Pendidikan Terupdate:

0 Response to "Badak Jawa, Kado Istimewa Untuk Anak Cucu Kita"

Post a Comment

Dapatkan Informasi Terupdate Melalui Email